Supervisi Guru SMKN Parungponteng

Supervisi adalah suatu usaha esensial dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru di sekolah. Dengan melalui pengawasan, kepala sekolah dapat memberikan umpan balik yang membangun kepada guru-guru untuk membantu mereka meningkatkan cara mereka dalam mengajar. Supervisi juga dapat berperan dalam membantu guru dalam mengidentifikasi kebutuhan pengembangan profesional mereka. Dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik, supervisi dapat memainkan peran penting dengan memberikan arahan yang relevan kepada guru. Hal ini akan membantu guru dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang lebih baik dalam mendidik siswa. Di samping itu, supervisi juga berperan dalam meningkatkan akuntabilitas guru terhadap hasil pembelajaran siswa. Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme guru di sekolah, supervisi guru yang efektif dan terstruktur menjadi suatu hal yang penting.

Tujuan Supervisi Guru

Menurut Sergiovanni (dalam Depdiknas, 2007: 10), ada tiga tujuan supervisi akademik, yaitu:

a) Supervisi akademik dilakukan untuk membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalnya dalam memahami kehidupan kelas, mengembangkan keterampilan mengajarnya dan menggunakan kemampuannya melalui teknik-teknik tertentu.

b) Supervisi akademik dilakukan untuk memonitor kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Kegiatan memonitor ini bisa dilakukan melalui kunjungan kepala sekolah ke kelas- kelas di saat guru sedang mengajar, percakapan pribadi dengan guru, teman sejawatnya, maupun dengan sebagian peserta didik.

c) Supervisi akademik dilakukan untuk mendorong guru menerapkan kemampuannya dalam melaksanakan tugastugas mengajar, mendorong guru mengembangkan kemampuannya sendiri, serta mendorong guru agar ia memiliki perhatian yang sungguh-sungguh terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Macam-macam Instrumen Supervisi Guru

Berikut ini tiga jenis atau macam instrumen supervisi guru dilansir dari Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (MPPKS-PKG) oleh KEMENDIKBUD tahun 2019.

1. Pedoman Observasi

Pedoman observasi merupakan instrumen yang digunakan untuk mengamati proses pembelajaran. Untuk memudahkan pengolahan data, sebaiknya pedoman observasi menggunakan skala penilaian, antara lain; skala angka, skala grafik, skala grafik deskriptif, atau kartu nilai.

2. Pedoman Wawancara

Wawancara termasuk salah satu alat dalam pengumpulan data yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tambahan terkait dengan pelaksanaan pembelajaran. Untuk kelancaran dan efektifitas proses wawancara diperlukan intrumen dan pedoman wawancara.

3. Daftar Cek/Kendali

Daftar kendali termasuk suatu instrumen untuk mempertimbangkan dan mengevaluasi situasi kondisi nyata dari suatu kegiatan yang terjadi di dalam kelas secara rinci.

Setiap bulan Oktober di SMKN Parungponteng, supervisi guru dijadwalkan sebagai kegiatan rutin yang harus dilakukan. Supervisi guru ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah ini. Dalam acara supervisi ini, kepala sekolah dan delegasi aktif terlibat dalam memantau kinerja guru, memberikan masukan yang membangun, dan mendukung mereka dalam mengenali area yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, kegiatan supervisi ini memiliki peran penting dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMKN Parungponteng serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih baik.

Salah satu delegasi supervisor, yaitu Eli Sumantri, M.Kom (Wk. Kurikulum), menemukan hal menarik saat melakukan supervisi terhadap seorang guru yaitu Acang, S.T. Eli Sumantri mengungkapkan bahwa guru tersebut memiliki pendekatan unik dalam menghadapi siswa program TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda Motor), yang dikenal sebagai siswa “hyperactive.” Eli Sumantri mencatat bahwa guru ini mampu mengelola kelas dengan metode yang efektif, memberikan inspirasi kepada siswa, dan membangun hubungan yang positif dengan mereka.

Eli Sumantri, M.Kom : ” dia (Acang,S.T) sangat unik dalam menangani kelasnya, karena dia mengikuti kulture, kebiasaan kelas tersebut tapi tetap mengajar sesuai dengan metode pembelajaran yang sudah disiapkan.”

Penemuan ini menunjukkan keragaman metode pengajaran yang dapat ditemukan di SMKN Parungponteng dan menggambarkan dedikasi guru-guru dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.

Download instrumen supervisi disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *